Senin, 16 Maret 2009

Sality,Virus Yang Paling Merepotkan di Tanah Air


Conficker boleh saja dikatakan worm nomor satu di Indonesianamun untuk merepotkan dan paling banyak ditemui di Indonesia.Layaknya pantas disandang oleh virus sality.Hal itu berdasarkan pandangan perusahaan security vaksincom menanggapi gelombang serbuan virus yang disinyalir berasal dari china tersebut.
Ukuran file yang sudah terinfeksi sality akan bertambah besar beberapa kb dan masih bisa bisa dijalankan seperti biasa.Namun biasanya virus ini akan mencoba memblok progam antivirus atau removal tools saat dijalankan dan juga sality akan memblok task manager atau registry editor Windows.
Selain itu untuk penyebaran viruas ini akan memanfaatkan file sharing dan flashdisk dengan cara membuat file acak yamng mempunyai eksitansi exe/com/scr/pif serta menambahkan file autorun.inf yang memungkinkan virus dapat aktif setiap kali users mengakses flash disk.
Selain itu virus ini akan menghapus key HKEY_LOCAL_MACHINE_SYSTEM\SYSTEM\currentcontrolset\services\ALG
Dampaknya adalah program seperti MSN messengger dan windows messengger tidak berfungsi.Service ini bisa dijalankan jika anda menggunakan friewall baik firewallnya windows atau firewall lainnya.
Untuk mencegah virus sality menyerang komputer anda gunakanlah antivirus yang terupdate dan rajinlah melakukan scan pada flash disk yang masuk ke komputer anda.