Kamis, 20 Agustus 2009

AKSI DEMO MAHASISWA MENENTANG ISRAEL



Aksi protes mengecam aksi militer Israel ke Jalur Gaza, Palestina, terus berlangsung di sejumlah kota di Indonesia, Senin (5/1). Sekitar 150 mahasiswa berunjuk rasa di Makassar mengutuk serangan Israel ke Jalur Gaza. Sekitar seratus anggota Hizbut Tahrir Indonesia Kalimantan Tengah berdemo di bundaran besar Palangkaraya mengecam Israel. Aksi serupa juga berlangsung di Semarang dan Purwokerto, Jawa Tengah.A
ksi mahasiswa di Makassar diikuti perwakilan dari berbagai organisasi ekstra kampus, termasuk Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia, Himpunan Mahasiswa Islam, dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia. Sejumlah organisasi intra kampus, seperti Pers Kampus Identitas Universitas Hasanuddin (Unhas), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Unhas, dan Senat Fakultas Ekonomi Unhas, juga berunjuk rasa.
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia komisariat Institut Agama Islam Negeri Walisongo berunjuk rasa di bundaran Universitas Diponegoro, Kota Semarang, Jawa Tengah. Selain mengecam serangan Israel, mereka menuduh PBB gagal memediasi kedua negara yang bertikai tersebut.
Dari Blora, Jawa Tengah, sejumlah kader Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera Blora menggelar aksi solidaritas di perempatan Kantor Pos Blora. Mereka menggalang dana kepedulian ”one man one dollar” bagi warga Palestina.
Di Bandung, Jawa Barat, Masyarakat lintas agama Kota Bandung mengimbau agar konflik Israel-Palestina tidak ditarik ke wilayah agama. Sebab, hal tersebut bisa menimbulkan masalah dalam kerukunan umat di Indonesia.
Ketua Forum Lintas Agama Kota Bandung Ki Agus Zaenal Mubarok dalam jumpa pers menyatakan sikap mereka yang mengecam keras tragedi kemanusiaan yang terjadi akibat tindakan Israel terhadap Palestina. Agus juga mengimbau Pemerintah Indonesia agar proaktif turut menciptakan perdamaian Israel-Palestina.