Kamis, 12 Maret 2009

Membesarkan Masalah?!

Banyak orang sadar atau tidak sering membesarkan masalah yang kecil.Tadinya masalah tersebut hanya sebesar semut tapi karena campur tangan orang yang membesar-besarkan masalah maka masalah itu akhirnya jadi besar.Sebagai contoh:
Seseorang yang menunggu sebuah warnet truz ada salah satu pelanggannya membuat salah satu komputer menjadi hang.Nah,karena kesal sang penjaga memarahi sang pelanggan,Pelanggan yang tersinggung akhirnya marah dan tidak datang ke warnet itu lagi.Sebetulnya si penjaga warnet tidak perlu memerahi sang pelanggan karena komputer hang merupakan hal yang wajar.Akibat perbuatannya tersebut sang penjaga warnet selain kehilangan pelanggan juga telah memperburuk citra warnet tersebut.
Itu merupakan sebuah contoh kecil dari orang yang suka membesar-besarkan masalah.Sebetulnya masih banyak contoh lain yang sering kita jumpai sadar atau tidak.
Karena kebanyakan manusia di Indonesia ini suka membesar-besarkan masalah yang tadinya kecil sbuah pertengkaran biasa karena dibesar-besarnya bisa jadi tawuran massal,dan masih banyak contoh lainnya.
Apakah anda termasuk orang yang suka membesar-besarkan masalah?!Jika anda termasuk seperti itu segeralah berubah karena membesar-besarkan sebuah msalah hanya akan menambah masalah bagi diri anda sendiri!!
Sebaiknya anda mengecilkan masalah yang tadinya besar,caranya dengan bersikaplah sabar.
Jika ada orang lain yang melakukan kesalahan nasihatilah dengan halus,agar dia tidak mengulangi kesalahannya.Jangan dengan nada kasar apalagi dengan kekerasan karena dia akan kesal dan akan mendendam kepada anda,Tentunya itu akan membuat anda mendapatkan lebih banyak masalah kan?!